Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana model pengembangan evaluasi ranah afektif siswa pada pembelajaran pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Air Tiris Kecamatan Kampar dan kendala-kendala yang dihadapi guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VIII yang berjumlah 4 orang, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Model Pengembangan Evaluasi Ranah Afektif Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 1 Kampar Air Tiris Kecamatan Kampar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan evaluasi ranah afektif siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 1 Kampar Air Tiris Kecamatan Kampar tergolong kurang baik. Hal ini dapat terlihat dari observasi hasil jawaban “Ya” sebanyak 140 kali dengan persentase 43,75% dan jawaban “tidak” sebanyak 180 kali dengan persentase 56,25%. Hal ini sesuai dengan ukuran persentase yang ditetapkan pada kategori 40% sampai 50%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa model pengembangan evaluasi ranah afektif siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kampar Air Tiris Kecamatan Kampar tergolong “kurang baik”. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan evaluasi ranah afektif siswa adalah Guru kurang menguasai dan memahami teknik evaluasi afektif; minimnya waktu yang dibutuhkan; banyaknya jumlah siswa yang akan di evaluasi.