PENGARUH PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KLEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIRAH NABAWI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Gusmiati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5985/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/8/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5985/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi di MA. Muhammadiyah Penyasawan?’ Penelitian ini merupakan. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan yang berjumlah 206 siswa. Karena besarnya populasi pada penelitian ini, maka penulis mengambil sampel adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang dan pengambilan sampel tersebut karena ada masalah tentang keaktifan belajar siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa dalam pelajaran sirah nabawi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan metode tanya jawab. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus produc moment, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa perbandingan to = 84.0 berarti lebih besar dari pada tt pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (0. 361 < 0.485>0.463). Maka diputuskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini artinya, ada pengaruh positif metode tanya jawab terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sirah nabawi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Penyasawan.