Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa di MTs N Bukit Raya Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh disiplin kerja guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa di MTs N Bukit Raya Pekanbaru?. Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa MTs N Bukit Raya Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh disiplin kerja guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar. Populasinya adalah semua siswa kelas VIIA, VIIIA dan IXA di MTs N Bukit Raya Pekanbaru yang berjumlah 101 siswa Dengan demikian sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 26 orang siswa. Pengumpulan data diambil melalui angket. Data terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang kedua variabelnya bersifat ordinal dan interval, maka data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara disiplin kerja guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru dan memiliki korelasi positif yang signifikan. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup tinggi yaitu 0,803. Sedangkan koefisien determinasi (R square) adalah 0,803 kontribusi tingkat disiplin kerja guru mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 64.4%, sedangkan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.