PENERAPAN PENDEKATAN KEUNTUNGAN DARI INVESTASI ANDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 184 PEKANBARU
Main Author: | Dumri Hayati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5982/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5982/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan keuntungan dari investasi anda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar negeri 184 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 20132014 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan keuntungan dari investasi anda. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas Va SD Negeri 184 Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini bulan September – Januari 2014. Mata pelajaran yang diteliti adalah IPA. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil denganbaik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Observasi dan 4) refleksi. Berhasilnya penerapan pendekatan keuntungan dari investasi anda pada mata pelajaran IPA, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 65,375, pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 75,5. Keadaaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan penerapan pendekatan keuntungan dari investasi anda dikatakan berhasil.