PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE BERMAIN JAWABAN (PLAYING ANSWER) PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU

Main Author: Muhammad Ali,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5969/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5969/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5969/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5969/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5969/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5969/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5969/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik strategi pembelajaran aktif tipe bermain jawaban (playing answer) pada mata pelajaran fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe bermain jawaban (playing answer) pada mata pelajaran fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu peneliti langsung menganalisis data mengenai strategi yang dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru yang berjumlah 56 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe bermain jawaban (playing answer) pada mata pelajaran fiqih. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi siswa yang dilakukan dalam pertemuan proses pembelajaran fiqih. Teknikanalisis data yang digunakan adalah Rumus tes-t data tunggal untuk mengetahui kebaikan dalam penerapan strategi bermain jawaban (playing answer) pada mata pelajaran fiqih siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa dalam pelajaran fiqih siswa dengan penerapan strategi bermain jawaban (playing answer) sangat baik karena dilihat dari data angket yakni rata-rata memperoleh hasil 83%.