PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR
Main Author: | Erfi Irhamni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5960/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/2/6.%20BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/3/7.%20BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/4/8.%20BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/5/9.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/6/10.%20BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5960/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran Active tipe Giving Question and Getting Answers terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Adapun rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan Pemahaman Konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran active tipe Giving Question and Getting Answers dengan siswa yang memperoleh Pembelajaran Konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dan yang menjadi objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi dan test. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Sedangkan test dipergunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata untuk kelas eksperimen 81,75 sedangkan kelas kontrol 64,25 dan nilai thitung sebesar 3,79 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 maka thitung ≥ ttabel atau 3,79 ≥ 2, 00 ini berati bahwa ha diterima dan ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answers terhadap pemahaman konsep matematika siswa.