Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang”? Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang sebanyak 324 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang.