PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 4 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Edi Wiro, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5958/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5958/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang”? Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang sebanyak 324 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMPN 4 Tambang.