PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KUANTUM (QUANTUM TEACHING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs NEGERI LIPAT KAIN KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Hidayati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5955/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5955/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5955/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5955/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5955/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5955/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5955/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran kuantum (quantum teaching) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kuantum (quantum teaching) terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTs negeri Lipat Kain kecamatan Kampar Kiri kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs negeri Lipat Kain, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII II dan VIII IV yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Varians. Objek penelitianini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Pada penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak delapan kali, yaitu satu kali pretes, enam kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran kuatum, kemudian satu pertemuan lagi postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, dan uji varians untuk homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tindakan terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran kuantum (quantum teaching) terhadap pemahaman konsep matematika siswa.