PENERAPAN METODE THE CELL LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 030 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Armen, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5952/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5952/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode The Cell Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SDN 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2013. Tekhnik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari, dan observasi melalui lembar pengamatan yang telah disiapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 65,6. Siswa yang mencapai KKM 65 ada sebanyak 6 orang atau (75%) dari seluruh siswa. Setelah siklus ke II nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 70 artinya nilai rata-rata siswa di atas KKM. Siswa yang mencapai KKM 65 ada sebanyak 7 orang atau (87%), hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil sebelum dilakukan tindakan dan siklus I. Dari data ini diketahui bahwa penerapan Metode The Cell Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 030 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.