Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X1 IPS di SMA Negeri 001 Kampar Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS di SMA Negeri 001 Kampar Utara dengan objek penelitian tentang hubungan antara kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS yang berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan untuk menjawab rumusan masalah adalah: 1. Analisis deskriptif, digunakan untuk menentukan gambaran terhadap masingmasing variabel yaitu variabel kreativitas belajar siswa dan variabel hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi 2. Analisis inferensial, dilakukan dengan tujuan agar hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan pengujian hipotesis secara generalisasi. Untuk mengetahui kontribusi masing-masing variabel bebas terlebih dahulu mencari hubungan variabel tersebut denganmenghitung nilai koefisien product moment. Pengolahan data tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa:kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 001 Kampar Utara tergolong baik dengan persentase 70.71%,sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi diperoleh rata-rata sebesar 63.45. Terdapat hubungan antara kreativitas belajar siswa dengan hasil siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hasil ini diperoleh dari nilai r hitung sebesar 0.581 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% atau 1% (0.266 < 0.581 > 0.345). Tingkat hubungan kedua variabel tergolong cukup tinggi dengan nilai r hitung yang berada pada interval koefisien 0.40 – 0.599. Adapun besarnya kontribusi kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,338 x 100 = 33.8% selebihnya ditentukan oleh variabel-variabel lain sebesar 66.2%