Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends pada pokok bahasan ikatan kimia di Kelas X SMAN 2 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design, jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X2 (eksperimen) berjumlah 37 dan kelas X1 (kontrol) berjumlah 36. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis (pre-test dan post-test), dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan test-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends, kualitas hasil pembelajaran lebih meningkat. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,92 dan ttabel = 2,00 (taraf signifikansi 5%) yang menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 0,710 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,613 yang termasuk kategori sedang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Time Token Arends, Hasil nbelajar, Ikatan kimia