HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Nurdalilah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5941/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5941/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Kepercayaan Diri siswa dengan Aktivitas Belajar Siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu kepercayaan diri (variabel bebas /variabel X) dengan aktivitas belajar siswa (variabel terikat /variabel Y). Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah hubungan antara kedua variabel yang teliti yakni Kepercayaan Diri Siswa dengan Aktivitas Belajar Siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah Hubungan Kepercayaan Diri Siswa dengan Aktivitas Belajar Siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 192 orang, sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 orang. Data dalam penelitian ini diambil melalui beberapa teknik pengumpulan data di antaranya teknik angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari penelitian terhadap 2 variabel ini adalah berupa data ordinal atau data jenjang, sehingga analisis terhadap data tersebut menggunakan teknik korelasi kontingensi. Analisis data didukung oleh nilai statistic yang didapatkan bahwa Besarnya koefisien kontingensi dapat dilihat pada tabel Symmetric Measures yaitu 0.428, dari output di atas dapat diketahui besarnya probabilitas 0.030 lebih kecil dari 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara percaya diri siswa terhadap aktivitas belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kecamatan Kuok. Kata Kunci: Percaya diri, Ekonomi, Aktivitas Belajar