PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 PEKANBARU
Main Author: | Legini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5932/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5932/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL)pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru dan faktorfaktor yang mempengaruhinya. Rumusan penelitian ini adalah1) Bagaimana penerapan model pembelajaranProblem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru? dan2) Apakah faktor yang mempengaruhi Guru dalam menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran pembelajaran problem Base Learning (PBL) pada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru tergolong dalam kategori “baik” dengan persentase keseluruhan mencapai 80.86%. Faktor-faktor yang mempengaruhi Guru dalam menerapkan model pembelajaran tersebut adalah faktor Guru, tujuan, peserta didik, waktu, fasilitas, bahan dan alat evaluasi.