PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PEKANBARU
Main Author: | Zulkarnain, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/592/1/2011_2011261.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/592/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 25% dari 245 orang yaitu sebesar 62 orang siswa siswi kelas VIII di MTsN Pekanbaru. Ada pun subjek dalam penelitian ini adalah 62 orang siswa siswi di MTsN Pekanbaru, sedangkan objeknya pengaruh kesiapan belajar terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dan analisa data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% karena ini dibuktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai f hitung 64,918 > nilai f tabel 4,00 dan dari hasil kolerasi menyatakan t hitung 8,057 > nilai t tabel 2,00. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar yang dilakukan oleh siswa di rumah dan di sekolah terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTsN Pekanbaru.