KORELASI AKTIVITAS SISWA MEMBACA BUKU FIQIH DI PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Muhamad Kundori, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/59/1/2011_201105.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/59/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara aktivitas membaca buku fiqih di perpustakaan dengan prestasi belajar bidang studi fiqih siswa Madrasah Aliyah pondok pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Subyek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah pondok pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru . Sedangkan obyeknya adalah korelasi aktivitas siswa membaca buku Fiqih di perpustakaan dan prestasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI yang berjumlah 190 orang siswa. Dalam hal ini karena populasi penulis terlalu banyak, maka penulis mengadakan penarikan sampel, penarikan sampel penulis lakukan dengan tehnik Proportional random sampling sebesar 50%. Dengan demikian sampel penelitian ini berjumlah 95 orang siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan tehnik angket, dokumentasi dan wawancara. Data aktivitas membaca buku fiqih diperoleh dari siswa, penulis menggunakan tehnik angket. Angket yang penulis sebarkan merupakan angket tertutup, dimana setiap angket yang berjumlah 10 item dengan tiga alternatif jawaban, yaitu a, b dan c. Untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar penulis menggunakan tehnik dokumentasi , yaitu dengan mempelajari catatan-catatan nilai yang tercantum dalam buku leger wali kelas. Selanjutnya penulis menggunakan tehnik wawancara dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada kepala sekolah, untuk melengkapi data yang tidak terjaring melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan jenis datanya, data penelitian ini bergejala ordinal dan interval, oleh karena itu dalam analisis data penulis menggunakan tehnik korelasi serial, dengan rumus : r ser = Σ {(Or – Ot)(M)} SDtot Σ (Or – Ot)2 P Berdasarkan hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa aktivitas membaca buku fiqih tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar bidang studi fiqih siswa Madrsah Aliyah pondok pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi serial rch yang lebih kecil dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%, atau dengan cara lain dapat ditulis : 0,205 < 0,182 > 0,267