Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi belajar siswa SMPN 9 Sungai Putih Tapung Kabupaten Kampar. Sedangkan rumusan masalahnya adalah bagaimana gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 9 sungai putih tapung? dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 9 Sungai Putih Tapung? Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII A, VIII B, dan VIII C yang berjumlah 84 siswa. Sedangkan objeknya adalah gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMPN 9 Sungai Putih Tapung Kab. Kampar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi.Data akan dianalisa untuk mengetahui gambaran dua variabel yang diteliti yang memiliki sifat berbeda, yaitu variabel yang bersifat ordinal dan interval. Seluruh data yang terkumpul akan dianalisa menggunakan rumus korelasi koefisien serial (rch) dan dibandingkan dengan rtabel sesuai dengan tabel nilai koefisien korelasi “r” product moment. Rumus korelasi koefisien serial (rch) yang digunakan adalah: rser= ∑ ∑ Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 9 Sungai Putih adalah baik. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata angket sebesar 62,44. Hasil analisis data menunjukkan nilai rch= 0,793 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% =0,220 sedangkan pada taraf signifikan 1% =0,286. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 0,220 < 0,144 > 0,286 atau diputuskan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa SMPN 9 Sungai Putih Tapung Kabupaten Kampar. Artinya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam.