KEMAMPUAN GURU EKONOMI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Jusnarti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5846/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5846/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu tentang bagaiamana kemampuan guru ekonomi meningkatkan disiplin belajar siswa dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru ekonomi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru ekonomi meningkatkan disiplin belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pengean Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pengean Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah kemampuan guru ekonomi meningkatkan disiplin belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah menggunakan análisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan guru meningkatkan disiplin belajar siswa kelas pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Pangean tergolong “Baik”. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi tentang kemampuan guru ekonomi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Pangean dengan persentase sebesar 71.75% indikator dilaksanakan oleh guru. Faktor-faktor yang mempengaruhinya terdiri dari faktor pengambat yaitu : 1) guru belum memanfaatkan kesempatan upacara dalam memberi pengarahan kepada siswa tentang pentingnya disiplin belajar, 2) guru masih lemah dalam mengadakan razia, 3) rendahnya penghargaan dari guru ekonomi kepada siswa. 4) pembinaan disiplin yang dilakukan di sekolah belum berjalan dengan baik, dan faktor pendukung, yaitu 1) adanya peraturan sekolah tentang tata-tertib belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangean, 2) adanya kemauan guru untuk meningkatkan disiplin belajar siswanya, 3) adanya sanksi bagi siswa yang tidak disiplin dalam belajar, 4) adanya pengawasan guru terhadap aktifitas belajar mengajar di dalam kelas.