PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGAKRABKAN SAMPEL PERWAKILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 BELUTU KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK
Main Author: | Nuraini Purba, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5843/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5843/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 010 Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, melalui penerapan strategi pembelajaran mengakrabkan sampel perwakilan yang di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerpan strategi pembelajaran mengakrabkan sampel perwakilan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SDN 010 Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran sampel perwakilan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 59, angka ini belum mencapai nilai indikator keberhasilan, pada siklus I hasil belajar siswa meningkatkan dengan rata-rata 65, angka ini juga belum mencapai nilai indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan rata-rata 72, angka ini telah melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 65.