PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EMPAT SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 01 RUMBAI PEKANBARU
Main Author: | Khairani Listawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5841/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5841/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe empat sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe empat sudut dan hasil belajar. Variabel dalam penelitian ini yaitu: penerapan strategi pembelajaran aktif tipe empat sudut, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Hasil penelitian diperoleh sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,00% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 90%. Siklus I aktivitas guru tergolong “Cukup Baik”, dengan persentase 60,71%. Siklus II meningkat menjadi 85,71% tergolong “Baik”. Persentase aktivitas siswa siklus I adalah 71,43% atau tergolong “Cukup Baik”. Siklus II meningkat menjadi 84,29% atau tergolong “Baik”. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe empat sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Rumbai Pekanbaru.