PENERAPAN STRATEGI PURPOSE OVERVIEW INTERPRET NOTE AND TEST (POINT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
| Main Author: | Arpa Nela, |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
, 2014
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5840/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5840/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan membaca pemahaman pada cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Purpose Overview Interpret Note and Test (POINT) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Pada sebelum tindakan hanya mencapai persentase 56,3% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 56,3% berada pada rentang 55% - 69%. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong “Kurang Mampu”, karena 66,7% berada pada rentang 55%-69%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 81.3% dengan ketegori “Sangat Mampu”, karena sebagian siswa berada pada rentang 80%-100%. Artinya kemampuan siswa kelas V meningkat.
