PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SUMMARY BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 LIMAU MANIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Linda Yanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5839/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5839/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan teknik pembelajaran Summary Ball yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh gejala-gejala seperti: dari 23 siswa hanya 6 orang (26%) yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, kemudian hanya 5 dari 23 orang siswa atau sekitar (21%) siswa yang dapat mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Summary Ball dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan diperoleh ratarata 57 dengan kategori kurang dan siswa yang tuntas berjumlah 6 orang atau 26%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh rata-rata 68 dengan kategori cukup dan siswa yang tuntas berjumlah 17 orang atau 74%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 79 pada kategori baik dan siswa yang tuntas berjumlah 23 orang atau 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik pembelajaran Summary Ball dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.