PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANGKINANG BARAT
Main Author: | Yelni Hidayah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5836/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5836/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Listening Team dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Bangkinang Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Listening Team dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Bangkinang Barat?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Bangkinang Barat tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 125 siswa dan terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Listening Team dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Bangkinang Barat sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif Listening Team sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan, yang terdiri atas empat kali pertemuan dengan diterapkan model pembelajaran koopertif Listening Team dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil tes-t didapat thitung =3.0424 yang lebih besar dari ttable baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,04 dan 2,75. Dari perbedaan tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Listening Team berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Bangkinang Barat. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Listening Team dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Bangkinang Barat.