PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Winda Yuliana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/583/1/2010_2011346.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/583/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan internet dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 4 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sedangkan rumusan masalahnya adalah bagaimana pemanfaatan internet dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Negeri 4 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sebanyak 253 orang. Karena banyaknya populasi, maka penulis mengambil sampel yaitu 25% dari populasi yang ada dengan teknik proposional random sampling, jadi sampel dari penelitian ini yaitu sebanyak 63 orang siswa. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 2 (dua) teknik pengumpulan data yaitu Angket dan dokumentasi. Dalam mengolah data kuantitatif, penulis menggunakan teknik analisis pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa regresi linier dengan Metode Kuadrat Terkecil dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows versi 16.0. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa ada hubungan pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar siswa dan memiliki korelasi positif yang signifikan. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori kuat atau tinggi (0,700 - 0,900), yaitu 0.762. Sedangkan koefisien determinasi (R square) adalah 0,581, kontribusi tingkat pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 581%, sedangkan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.