HUBUNGAN KEMAMPUAN SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Liza Hanriyani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/580/1/2010_2011337.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/580/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Siswa Mengemukakan Pendapat Dalam Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar, sedangkan objeknya hubungan kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam metode diskusi terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar berjumlah 85 orang karena populasi tersebut sedikit, maka penulis tidak menggunakan sampel. Untuk mendapatkan data di lapangan, penulis menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Analisis Korelasi Serial.Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam metode diskusi terhadap hasil belajar kelas XI IPS SMA Negeri I Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi serial yakni 0,356 angka ini ternyata lebih besar dari angka r tabel baik pada taraf signifikan 5% yakni 0,217 maupun pada taraf signifikan 1% yakni 0,283 (0,217<0,356>0,283).