Daftar Isi:
  • Kemampuan menggunakan media pembelajaran adalah salah satu bentuk perilaku guru dalam menyikapi tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya. Peningkatan kemampuan atau prestasi kerja dimulai dengan penanaman kesadaran untuk meningkatkan kompetensi dari berbagai sumber, dapat juga melalui intervensi dari pihak pimpinan organisasi sekolah dengan melaksanakan berbagai kebijakan pemberdayaan pegawai. Berdasarkan pendekatan yang ditawarkan dalam Studi Manajemen Pendidikan khususnya bidang menajemen sumber daya manusia, alternative pendekatan yang sudah teruji kebenarannya dalam memberdayakan guru adalah dengan meningkatkan kemampuan yang mereka miliki dan mengaplikasikan teori tentang kemampuan menggunakan media. Masalah utama pelaksanaan penelitian ini adalah apakah kemampuan yang dimiliki oleh guru MTs Negeri Tandun Rokan Hulu, dan penerapan kebijakan oleh pimpinan sekolah atau institusi sekolah berpengaruh terhadap kemampuan menggunakan media pembelajaran guru MTs N Tandun Rokan Hulu. Dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan responden dengan metode sensus. Dari responden penelitian dikumpulkan data dan keterangan menggunakan tekhnik daftar pertanyaan (angket) dan observasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan pendekatan kunatitatif dengan alat bantu analisis table frekwensi dan metode uji statistic menggunakan program SPSS. Berdasarkan analisis data maka diketahui bahawa : Latar belakang pendidikan dan profesionlisme guru berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menggunakan media pembelajaran yaitu sebesar 22,1% dan sisanya dipenguruhi oleh factor lainnya, dengan demikian hipoteisis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima atau teruji kebenarannya.