KONTRIBUSI MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Wirda Hayati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5711/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5711/ |
Daftar Isi:
- Wirda hayati (2014) : Kontribusi Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Tesis Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Islam. Kosentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Berdasarkan pengamatan di lapangan masih banyak kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial yang melibatkan kepemimpinan seorang pemimpin atau kepala sekolah. Berdasarkan permendiknas tersebut kepala sekolah berkewajiban melakukan pembinaan terhadap kinerja guru melalui supervisi akademik. Kepala sekolah sebagai pengelola pendidikan bertanggung jawab terhadap kualitas sumber daya manusia agar mereka mampu menjalankan tugas-tugas pendidikan. Karena itu kepala sekolah memiliki tugas untuk mengembangkan kinerja tenaga kependidikan ke arah profesionalisme yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun di Kabupaten Rokan Hulu. Mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun di Kabupaten Rokan Hulu. Mengetahui kontribusi motivasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun di Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi guru MTS Negeri Tandun dan Kepala sekolah, dengan jumlah populasi dan sempel guru MTs Negeri Tandun sebanyak 28 orang dan satu Kepala sekolah. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji kehandalannya dan kesahihannya dengan progam SPSS.21, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik korelasi estimasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan Bahwa motivasi kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun Kabupaten Rokan Hulu yakni sebesar 0.899.Bahwa kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tandun Kabupaten Rokan Hulu yakni sebesar 0.922. Menurut Sthephen dalam Dr. Hamzah mendefinisikan “kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi sesuatu kelompok agar tercapai tujuan yang diharapkan”. Berdasarkan pernyataan teori dan pendapat tersebut membuktikan penelitain ini memiliki hubungan yang erat antara kontribusi motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja guru.