KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 TAMBANG DESA KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: HERMI WATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5684/1/2013_20131093PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5684/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan suatu program pengajaran sangat dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik yang dilaksanakan oleh guru yang bersangkutan. Oleh sebab itu kompetensi pedagogik dalam pengajaran perlu dilaksanakan oleh setiap guru, karena guru adalah sebagai tenaga pengajar dan pendidik. Dengan adanya kompetensi pedagogik dalam meningkatkan mutu pembelajaran maka akan berhasil guru mendidik dan membimbing muridnya. Secara umum kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan mengelola pembelajaran yang mendidik dan diagonis. Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam meningkatakan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 5 Tambang Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan analisa data yang digunakan ialah teknik deskritif kualitatif dengan persentase, dan penulis menggunakan rumus N F P  Keterangan: P = Angka persentase F = Frekuensi yang sedang dicari N = Jumlah frekuensi Adapun hash penelitian kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 5 Tambang Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar diketegorikan lemah, hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh adalah sebesar 55% dan berada antara 41-60%. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam adalah latar belakang pendidikan guru.