PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI TAREKH KHULAFAUR RASYIDIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 024 TARAIBANGUN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: TRI WAHYUNI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5683/1/2013_20131091PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5683/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan strategi pembelajaran guided note taking pada materi Khulafaur Rasyidin siswa kelas V SDN 024 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalahnya adalah Apakah penerapan strategi pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi Khulafaur Rasyidin siswa kelas V SDN 024 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Room Research. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 024 Taraibangun. Adapun objeknya adalah peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa melalui penerapan strategi pembelajaran guided note taking, khususnya pada pokok bahasan Khulafaur Rasyidin. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan tes essay, observasi, dan dokumentasi, data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Ketuntasan klasikal diperoleh sebesar 46,94% pada pra tindakan, siklus I 63,27 %, dan siklus II sebesar 89,79 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 024 Taraibangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran guided note taking pada materi pembelajaran Tarekh Khulafaur Rasyidin.