PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 SIAK KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Main Author: EKA PRATIWI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5679/1/2013_20131077PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5679/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe one goup pre test-post test design dalam penelitian ini maksudnya adalah sebelum peneliti menerapkan suatu strategi crossword puzzle dalam pembelajaran terlebih dahulu peneliti melakukan pre-test kepada siswa kemudian hasil dari pre-test akan dibandingkan dengan hasil post-test setelah peneliti menggunakan strategi crossword puzzle. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak dan objek penelitian ini adalah strategi crossword puzzle dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tes t. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi crossword puzzle mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil ini diperoleh dari t hitung sebesar 10,19 lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikan 5% (2,05) maupun 1% (2,77) atau 10.19 > 2,05 (5%) atau 10,19 > 2,77 (1%). Dari analisis uji t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebelum dan setelah penggunaan strategi Crossword Puzzle. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum digunakannya strategi Crossword Puzzle rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai nilai 71.678 dan setelah mencapai rata-rata nilai hasil belajar sebesar 73.821. Hal ini menunjukkan ada pengaruh antara penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak