PENGARUH STRATEGI ACTIVE GROUP RESUME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: NETI HASMALAINI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5666/1/2013_20131027PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5666/
Daftar Isi:
  • Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan guru untuk menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa agar mencapai tujuan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran, tepatnya strategi yang digunakan maka akan efektif dan efisien bila kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa akhirnya bisa memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari strategi Active Group Resume terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri I XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (Strategi Active Group Resume) dan variabel Y (motivasi belajar siswa). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri I XIII Koto Kampar, dan objek dari penelitian ini adalah strategi Aktif Group Resume dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi, data yang penulis peroleh penelitian analisis dengan menggunakan teknik analisis produk moment, analisis data menunjukkan bahwa pada taraf siknifikan 5% = 0,485 > 0,361 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, pada taraf signifikan 1% = 0, 485 > 0, 463 ini berarti Ha diterima dan Ho di tolak, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan Strategi Active Group Resume Terhadap Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri I XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.