PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS III SDN 011 BUKIT MELINTANG KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | ROSMITA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5657/1/2013_20131004PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5657/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 011 Bukit Melintang kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, Penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya : Siswa kurang memahami materi, terlihat lebih dari 65% siswa yang rendah nilai pada saat mengerjakan tugas sehingga nilai siswa banyak yang dibawah KKM. Dari 16 orang siswa, yang bisa menjawab soal evaluasi guru hanya 6 orang siswa atau sebesar 40%, sedangkan sisanya 10 orang atau 60% masih banyak diam.Jika diberi soal, hanya 5 orang siswa atau sebanyak 25% yang bisa menjawab dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil Belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Word Square. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Adapun setiap siklus dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I nilai ketuntasan kelas siswa sebesar 63%, kemudian pada siklus II menjadi 75%, dan pada siklus III menjadi 100%. Artinya penerapan strategi pembelajaran Word Square dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas III SDN 011 Bukit Melintang kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.