HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMPN 2 PANGKALAN BARU KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: WARNITA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5651/1/2013_2013985PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5651/
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran di sekolah yang dinilai dari aspek kognitifnya karena yang bersangkutan dengan kemampuan siswa dalam pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sistesa dan evaluasi. Prestasi belajar siswa dibuktikan dan ditunjukkan melalui nilai dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap tugas siswa dan ulangan-ulangan atau ujian yang ditempuhnya Siswa yang dapat menerapkan perilaku disiplin mempunyai peluang untuk memperoleh prestasi belajar yang baik, akan tetapi saat penulis melakukan studi pendahuluan, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan masih dijumpai sebagian siswa yang tergolong kurang berdisiplin, hal ini terlihat dari adanya sering terlambat datang kesekolah, dan sebahagian lagi memperlihatkan perilaku yang belum mencerminkan nilai-nilai kedisiplinan. Kurangnya penerapan sanksi oleh sekolah bagi pelanggar disiplin, sehingga pelanggaran terhadap tata tertib sekolah semakin sering terjadi.Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 25 Pekanbaru pada umumnya memiliki latar belakang pendidikan keguruan, sudah seharusnya guru dapat menciptakan suatu disiplin yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru.Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Berdasarkan persentase yang dicapai dalam penelitian ini dapat diketahui bahwadisiplin siswa di SMPN 2 Pangkalan Baru memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori cukup kuat yaitu 0.591 (Sugiyono, 2005:214)..Koefisien determinasi (R square) adalah 0,349 kontribusi tingkat disiplin guru dengan prestasi belajar adalah sebesar 34.9% selebihnya ditentukan oleh variabel lain.