PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIM TURNAMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MASMUR KOTA PEKANBARU
Main Author: | ROSMIATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5647/1/2013_2013966PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5647/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe tim turnamen terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe tim turnamen terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Masmur Pekanbaru?’ Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru yang berjumlah 302 siswa. Karena besarnya populasi pada penelitian ini, maka penulis mengambil siswa kelas VIII, yakni dengan mengambil sampel yang berjumlah 75 orang dan pengambilan sampel penelitian ini sampling pusposive atau pengambilan sampel bertujuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa dalam pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe tim turnamen dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa perbandingan to = 7,2 berarti lebih besar dari pada tt pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (7,2 > 2.00 dan 7,2 > 2.65). Maka diputuskan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini artinya, ada pengaruh positif strategi pembelajaran kooperatif tipe tim turnamen terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru.