PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BUNGARAYA KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK
Main Author: | LAILATUL KHOMARIAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5629/1/2013_2013823PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5629/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan berapa besar pengaruh strategi pembelajaran aktif model artikulasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungaraya kecamatan Bungaraya kabupaten Siak. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Bungaraya kelas XI IPS1 dan XI IPS2 yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran aktif model artikulasi terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. Berhubungan penelitian ini adalah quasi eksperimen, maka peneliti menggunakan dua kelas, yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa antara kelas ekdperimen yang diberi perlakuan strategi pembelajaran aktif model artikulasi dengan hasil belajar kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan strategi pembelajaran aktif model artikulasi. Setelah dilakukan uji homogenitas maka terpilih XI IPS2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu empat kali pertemuan menerapkan strategi pembelajaran aktif model artikulasi, satu kali mengadakan pre test dan satu kali mengadakan post test. Untuk mengetahui hasil penelitian, hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam dilakukan uji tes-t. Sedangkan besarnya pengaruh strategi pembelajaran aktif model artikulasi terhadap hasil belajar dihitung dengan kp. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa pengaruh strategi pembelajaran aktif model artikulasi tidak signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas XI IPS2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungaraya derajat pengaruhnya sebesar 6.4%.