PENGARUH KEDISIPLINAN GURU MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: MARYULIS,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5623/1/2013_2013745PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5623/
Daftar Isi:
  • Penelitianiniterdiridaridua variable, yaitukedisiplinan guru mengajar (variable bebas/independenatau variable X) danmotivasibelajarsiswa (variable dependent/terikatatau variable Y).Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhkedisiplinan guru mengajarterhadapmotivasibelajarsiswa di MTs MuhammadiyahPenyasawanKecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjekdalampenelitianiniadalahguru dansiswa MTs MuhammadiyahPenyasawan, sedangkanobjeknyaadalahpengaruhkedisiplinan guru mengajarterhadapmotivasibelajarsiswa di MTs MuhammadiyahPenyasawanKecamatan Kampar Kabupaten Kampar.Populasinyaadalahseluruhsiswa di MTs MuhammadiyahPenyasawan yang berjumlah266 orang, karenajumlahpopulasinyalebihdari 100 makapenulismengambilsampel 20% dariseluruhjumlahsiswayaitusebanyak54 orang. Pengumpulan data diambilmelaluiangket. Data yang terkumpul, sesuaidenganjenispenelitianiniadalahpenelitiankorelasi yang keduavariabelnyabersifat ordinal dan interval, maka data dianalisisdenganmenggunakanteknikregresi linier, danpenulismenggunakanbantuanperangkat computer melalui program SPSS (Statistica Program Society Science ) versi 16.0 for windows. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kedisiplinan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dengan mengetahui bahwa rch = 0.393 jauh lebih besar dari pada “r” table pada taraf 5% dan pada taraf 1% 0.393> 0.301 > 0.389.