PENERAPAN MODEL ENJOYABLE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL WATHAN PASAR KEMBANG KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: MEGAWATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5615/1/2013_2013728PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5615/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek penelitian ini adalah guru yang menerapkan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir, yakni yang berjumlah 1 orang. Sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Karena populasinya sedikit maka penulis tidak menggunakan sample. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan tekhnik obsevasi dan wawancara, setelah data terkumpul diolah secara deskriptif kulitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir tergolong “Kurang Efektif”. Kenyataan ini sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan dengan hasil :53.12% Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model Enjoyable Learning dalam pembelajaran al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Nurul Wathan Pasar Kembang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Diantaranya adalah kurangnya pengalaman sebagai pengajar, waktu dan tempat, faktor motivasi, sarana dan prasarana.