PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH SALO DESA SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | AZRIANTO, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5614/1/2013_2013713PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5614/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo Kelurahan Salo Kecamatan Salo Baru Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangakan teknik analisis data menggunakan anĂ¡lisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemering dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Salo tergolong baik dengan persentase keseluruhan mencapai 89,21%. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksananaan pembelajaran tersebut adalah kemampuan guru untuk menerapkan model pembelajaran, kecendrungan siswa yang terlihat menyenangi model pembelajaran tersebut, media pembelajaran yang sangat mudah untuk didapatkan, jumlah siswa tidak lebih dari 20 orang perkelasnya dan adanya suasana belajar yang demokratis yang membebaskan siswa untuk bertanya maupun mengeluarkan pendapatnya