PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAPMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SINGINGI HILIR KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Author: NITA AFRINA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5612/1/2013_2013707PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5612/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui signifikansi keterampilan bertanya guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Hilir Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 3 orang dan seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Hilir yang berjumlah 202 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik sratified random sampling, dimana penulis menggambil sampel 15% dari jumlah siswa, jadi jumlah persentase keseluruhan sampel 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan bertanya guru pendidikan agama islam sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya guru pendidikan agama islam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru pendidikan agama islam ialah sebesar 66.7% atau pada kategori sedang, sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ialah sebesar 70% atau pada kategori sedang. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.702 pada taraf signifikansi 1% yaitu 0.463 dan pada taraf 5% yaitu 0.361. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan Keterampilan bertanya guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Hilir Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.