KOMPETENSI PAEDAGOGIK PENDIDIK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLABUL ULUM KAMPAR
Main Author: | SOFIATUN NAHRIYAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5608/1/2013_2013667PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5608/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Kompetensi Padagogik Pendidik dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kampar. Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah hal yang sangat penting dan harus di penuhi oleh pendidik sebelum melaksanakan proses belajar mengajar dan untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik seorang Pendidik harus mempunyai kompetensi pedagogik yang baik, sehingga proses pembelajaran akan terlaksana sebagaimana mestinya. Seorang pendidik haruslah memahami arti dan tujuan pembelajaran yang telah di rumuskan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, serta menguasai secara praktis unsur-unsur yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kemampuan pendidik membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan langkah awal serta sebagai muara segala pengetahuan , keterampilan dasar, dan pemahaman yang mendalam tentang objek belajar dan situasi pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanaKompetensi Padagogik Pendidik dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kampar. Setelah penulis memperoleh data dari lapangan dengan alat pengumpulan data melaluiwawancara dan dokumentasi, kemudian penulis menganalisanya. Adapun teknis analisa data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Rumusnya ialah : = 100% Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Padagogik Pendidik dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Mathlabul Ulum Kampar tergolong baik karena secara kualitatif persentase diperoleh skor 65,75%.