MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA “MATERI KISAH NABI” DENGAN METODE BILLBOARD RANKING UNTUK SISWA KELAS IV SDN. 006 TANJUNGBATU KECAMATAN KUNDUR KARIMUN
Main Author: | ROSNAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5594/1/2013_2013596PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5594/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan BelajarSiswaDalam Mata Pelajaran Agama Islam PadaMateriKisahNabiDenganMetodeBilloardRangkinguntukSiswaKelas IV SekolahDasarNegeri 006 TanjungBatuKecamatanKundur untuk meningkatkan keaktifan siswa maka diterapkanMetodeBilloardRangking. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan kekurangan yang terdapat di dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah dalam meningkatkan keaktifan belajar pada materi kisah Nabi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 006 Tanjung Batu Kecamatan Kundur Karimun, karena penulis melihat keaktifan belajar siswa terutama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 59%. Ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan Metode Billboard Rangking, keaktifan belajar siswa pada materi Kisah Nabi terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi Siklus pertama dengan rata-rata 66%, sedangkan hasil observasi kedua dengan rata-rata 74%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Billboard Rangking dapat meningkatkan keaktifan Belajar pada Materi Kisah Nabi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri 006 Tanjung Batu Kecamatan Kundur Karimun.