Penerapan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V Sekolah Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun
Main Author: | Mardiyana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5579/1/2013_2013565PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5579/ |
ctrlnum |
5579 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5579/</relation><title>Penerapan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa pada Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V Sekolah
Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun</title><creator>Mardiyana, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan minat belajar siswa
pada materi Rasul Ulul Azmi melalui penerapan strategi Jigsaw Learning pada siswa
kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian
melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun yang berjumlah 23
orang dan terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa,
dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data tentang siswa. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis interaktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Jigsaw
Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang
Meral Karimun pada mata pelajaran Rasul Ulul Azmi. Hal ini dapat ditunjukkan
dengan peningkatan hasil observasi minat belajar siswa dari kondisi awal sebelum
tindakan yaitu mencapai 50%. Pada siklus I nilai rata-rata persentase minat belajar
siswa meningkat menjadi 75%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata persentase
minat belajar siswa meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, penerapan strategi
Jigsaw Learning dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru untuk dapat digunakan
tidak hanya pada mata pelajaran pendidikan agama islam, namun juga bisa digunakan
pada mata pelajaran lainnya. Hal dikarenakan strategi Jigsaw Learning dapat
meningkatkan minat belajar siswa yang selanjutnya berdampak pada peningkatan
hasil belajar siswa.</description><date>2013-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5579/1/2013_2013565PAI.pdf</identifier><identifier> Mardiyana, (2013) Penerapan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V Sekolah Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>5579</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Mardiyana, |
title |
Penerapan Strategi Jigsaw Learning untuk Meningkatkan Minat
Belajar Siswa pada Materi Rasul Ulul Azmi Kelas V Sekolah
Dasar Swasta 007 Pasir Panjang Meral Karimun |
publishDate |
2013 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/5579/1/2013_2013565PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5579/ |
contents |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan minat belajar siswa
pada materi Rasul Ulul Azmi melalui penerapan strategi Jigsaw Learning pada siswa
kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian
melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang Meral Karimun yang berjumlah 23
orang dan terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa,
dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan data tentang siswa. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis interaktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Jigsaw
Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDS 007 Pasir Panjang
Meral Karimun pada mata pelajaran Rasul Ulul Azmi. Hal ini dapat ditunjukkan
dengan peningkatan hasil observasi minat belajar siswa dari kondisi awal sebelum
tindakan yaitu mencapai 50%. Pada siklus I nilai rata-rata persentase minat belajar
siswa meningkat menjadi 75%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata persentase
minat belajar siswa meningkat menjadi 81%. Dengan demikian, penerapan strategi
Jigsaw Learning dapat dijadikan sebagai masukan bagi guru untuk dapat digunakan
tidak hanya pada mata pelajaran pendidikan agama islam, namun juga bisa digunakan
pada mata pelajaran lainnya. Hal dikarenakan strategi Jigsaw Learning dapat
meningkatkan minat belajar siswa yang selanjutnya berdampak pada peningkatan
hasil belajar siswa. |
id |
IOS7815.5579 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:23Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821906683920384 |
score |
17.538404 |