PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KISAH NABI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 73 BALAI MAKAM KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Main Author: PARIDAWATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5576/1/2013_2013556PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5576/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari masih banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan keterampilan menceritakan kisah Nabi. Rumusan dalam penelitian ini apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan menceritakan kisah Nabi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 73 Balai Makam Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kisah Nabi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SDN 73 Balai Makam Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Dengan jumlah siswa 26 siswa. Kemampuan keterampilan menceritakan kisah Nabi yang diperoleh pada data awal adalah 52,64 dengan 15,4% atau 4 siswa yang tuntas. Setelah diterapkan metode diskusi siklus pertama, di peroleh rata-rata kemampuan menceritakan kisah Nabi adalah 60,09 dengan ketuntasan 26,92% atau 7 siswa. Siklus ke dua meningkat menjadi 72,59 dengan ketuntasan 84,61% atau 22 siswa dan siklus ketiga meningkat menjadi 74, 75 dengan ketuntasan 88,46% atau 23 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan menceritakan kisah Nabi siswa kelas IV SDN 73 Balai Makam Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.