PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGHAFAL BACAAN SHOLAT MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 19 BALIK-ALAM KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS
Main Author: | NUTRA VENDRITAWATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5571/1/2013_2013552PAI%20.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5571/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan dengan lancer dan tepat, pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Adapun rumusan masalah ini adalah: Apakah penerapan metode latihan (Drill) pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keterampilan menghafal bacaan sholat dengan baik dan benar pada mata pelajaran agama Islam. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan keterampilan menghafal bacan sholat pada pelajaran agama Islam siswa kelas III. Metode latihan (drill) adalah metode yang mengulang-ngulang membaca tanpa menggunakan teks atau buku. Metode ini penulis gunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan. Dari hasil tes kemampuan siswa membaca surah-surah pendek pilihan pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan hanya mencapai rata-rata 50,48, pada siklus I meningkat dengan rata-rata 60,30, pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 68,00 kemudian pada siklus III terjadi peningkatan 80,4. Selama pembelajaran berlangsung terjadi peningkatan 37, 15%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode latihan (drill) dapat meningkatkan keterampilan menghafal bacaan sholat dengan baik dan benar pada mata pelajaran agama Islam dikatakan berhasil.