PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHKLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA KELAS VII.A MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | HARPIANTO, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5560/1/2013_2013527PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5560/ |
ctrlnum |
5560 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/5560/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH
AHKLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA
KELAS VII.A MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI
PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR</title><creator>HARPIANTO, </creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>Memperhatikan hasil refleksi awal pada siswa Kelas VII MTsN Padang
Mutung Kecamatan Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak siswa,
maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan model
pembelajaran Value Clarification Technique. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model
pembelajaran VCT pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTsN
Padang Mutung Kecamatan Kampar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII MTsN Padang Mutung
Kecamatan Kampar pada Tahun Pelajaran 2012-2013. Bentuk penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik
pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses
pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan 2 siklus, diketahui
pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Aqidah Akhlak siswa mencapai 66,9”
setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah
mencapai 71,3. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “
Pengunaan strategi pembelajaran VCT akan dapat Meningkatkan hasil belajar
pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTsN Padang Mutung
Kecamatan Kampar” “diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran
Value Clarification Technique (VCT) secara benar akan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.</description><date>2013-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/5560/1/2013_2013527PAI.pdf</identifier><identifier> HARPIANTO, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AHKLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA KELAS VII.A MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>5560</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HARPIANTO, |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH
AHKLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA
KELAS VII.A MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI
PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR
KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2013 |
topic |
370 Pendidikan |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/5560/1/2013_2013527PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5560/ |
contents |
Memperhatikan hasil refleksi awal pada siswa Kelas VII MTsN Padang
Mutung Kecamatan Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Aqidah Akhlak siswa,
maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan model
pembelajaran Value Clarification Technique. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model
pembelajaran VCT pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTsN
Padang Mutung Kecamatan Kampar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII MTsN Padang Mutung
Kecamatan Kampar pada Tahun Pelajaran 2012-2013. Bentuk penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik
pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses
pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan 2 siklus, diketahui
pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Aqidah Akhlak siswa mencapai 66,9”
setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah
mencapai 71,3. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “
Pengunaan strategi pembelajaran VCT akan dapat Meningkatkan hasil belajar
pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII di MTsN Padang Mutung
Kecamatan Kampar” “diterima” artinya apabila diterapkan model pembelajaran
Value Clarification Technique (VCT) secara benar akan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. |
id |
IOS7815.5560 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:07:23Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:07:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821906626248704 |
score |
17.538404 |