PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PEMERIKSAAN PASANGAN PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH YLPI LUBUK BENDAHARA KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: NEVI SAPUTRI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5558/1/2013_2013518PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5558/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Perkembangan Kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Perkembangan Kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 45,83% atau 11 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 16 orang atau ketuntasan hanya mencapai 67,78%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 83,33%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Pemeriksaan Pasangan dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Perkembangan Kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah YLPI Lubuk Bendahara Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.