PENGARUH PENGUASAAN MATERI AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWAMADRASAH TSANAWIYAH BAHRUL ULUM KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | SRI SULASTRI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5548/1/2013_2013482PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5548/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan materi Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasarkan gejala-gejala yang terdapat pada latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penguasaan materi Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bukanlah penelitian tindakan kelas, hal ini sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 80 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh Penguasaan Materi Aqidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan tekhnik tes dan angket. Test di berikan kepada responden sebanyak 30 soal dan angket sebanyak 10 soal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. = Σ − Σ Σ Σ Σ Σ − Σ Dari pengolahan data dan analisis data, maka hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Penguasan materi Aqidah Akhlak siswa Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi di kategorikan sedang, hal ini berdasarkan analisis data dengan jumlah rata-rata 71,1, presentase ini berada pada kategori 56%-75%. 2. Dari analisis melalui uji SPSS Korelasi Product Moment mengenai pengaruh penguasaan materi Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa ada pengaruh yang “Signifikan”. Ini terlihat dari hasil analisa data penelitian menunjukan nilai koefesien korelasi sebesar 0,292 lebih besar dari r baik pada koefesien taraf signifikan 5% (0,217) maupun 1% (0,283). Maka hipotesa pertama (Ha) diterima ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan materi pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku siswa Madrash Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi.