PENGARUH AKTIFITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI VII KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Author: | ELMA DARNI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/5542/1/2013_2013446PAI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/5542/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara aktifitas belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri VII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Subjek penelitiannya adalah siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri VII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, sedangkan objeknya adalah pengaruh aktifitas belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri VII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri VII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Yaitu sebanyak 80 siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan angket, dan dokumentasi. Angket yang penulis sebarkan merupakan angket tertutup, terdiri dari lima alternatif yaitu a,b,c,d, dan e. Untuk menganalisis data penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dapat kesimpulannya bahwa ada pengaruh yang signifikan aktifitas belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri VII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir”. Ini terbukti dari rhitung > rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0.220 < 0.373 > 0.286) sehingga Ha diterima dan Ho diterima. Dengan persentase pengaruh sebesar 37.3% selebihnya ditentukan oleh variabel lain.