PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK REPRESENTASI PROPORSIONAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 BALAM JAYA KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: LISMA WATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5541/1/2013_2013441PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5541/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan Strategi pembelajaran kooperatif teknik Representasi Proporsional dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2011- 2012 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik Representasi Proporsional untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik Representasi Proporsional pada mata pelajaran matematika, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 7 (50%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 orang atau ketuntasan hanya mencapai 71,43%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 13 orang siswa atau dengan persentase 92,80%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik Representasi Proporsional dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 013 Balam Jaya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada mata pelajaran matematika.