MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH PENDEK PILIHAN MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI READING ALOUD SISWA KELAS VI SD NEGERI 42 DURI BARAT KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Main Author: SAMSIDAR A.Ma,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5531/1/2013_2013387PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5531/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca surah pendek pilihan pada mata pelajaran Agama Islam siswa kelas VI SD Negeri 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Dan untuk meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pembelajaran mata pelajaran Agama Islam pada siswa kelas VI SD Negeri 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Adapun permasalahan yang penulis kaji pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan Strategi Reading Aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca surah pendek pilihan pada siswa kelas VI SD Negeri 42 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 42 Duri Barat, sedangkan objeknya adalah Strategi Reading Aloud dan kemampuan siswa membaca surah pendek pilihan pada mata pelajaran Agama Islam. Sedangkan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI C tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes evaluasi yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan pada tiap-tiap pertemuan dan memberikan skor tiap-tiap siswa. Dari data lapangan, didapatkan kemampuan membaca surah pendek pilihan siswa sebelum tindakan masih tergolong tidak baik dengan perolehan rata-rata 58,47 pada interval 50-59. Kemudian kemampuan membaca surah pendek pilihan siswa meningkat setelah dilakukannya tindakan kelas dengan perolehan rata-rata 82,01 pada golongan baik di interval 76-100.