KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PENGGUNAAN EVALUASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DANAUBINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: SITI SALEHA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/5528/1/2013_2013346PAI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/5528/
Daftar Isi:
  • Evaluasi merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar, kerena evaluasi merupakan usaha untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta didik sudah dapat mencapai hasil yang telah ditentukan. Evaluasi adalah alat untuk menentukan apakah tujuan pendidikan dan apakah proses telah berada dijalan yang diharapkan. Karena evaluasi menjadi penentu untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan pendidikan, maka guru dituntut mampu mengevaluasi. Evaluasi ini bukan hanya pengukuran terhadap tingkat kepintaran siswa, tetapi juga perubahan tingkahlakunya. Adapun rumusan masalahnya adalah Bagaimana kompetensi pedagogik pendidik dalam penggunaan evaluasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dan faktor apa yang mempengaruhinya. Untuk menentukan jawaban dari rumusan masalah diatas tersebut penulis menggunakan metode observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Kemudian data yang penulis peroleh disajikan pada bab penyajian data, teknis analisis yang penulis gunakan adalah teknik deskriftif kualitatif dengan menggunakan persentase. (P= F/N x 100%) Berdasarkan dari data yang penulis kumpulkan dilapangan serta dilengkapi dengan analisis, penggunaan evaluasi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dikategorikan efektif (56,33%) terletak pada rentang persentase ( 56% - 75% ).